Tips Agar Konten Blog Menjadi Terkenal

Dunia blog kini semakin meluas dengan berbagai macam konten yang menarik untuk dibahas. Terutama soal bagaimana agar konten tersebut menjadi sangat patut kita simak dari berbagai sudut pandang pengunjung yang menginginkan informasi yang mereka capai sesuai dengan apa yang dicari dari penelusuran. Nah, berikut adalah cara agar blog Anda menjadi terkenal dan langkah yang diperlukan.

1. Pemilihan judul yang menarik

Judul tersebut berkaitan erat dengan topik yang akan kita bahas, meskipun secara umum gagasan tidak dilihat dari seberapa detil judul tersebut menggambarkan isi konten Anda. Misalnya topik yang akan dibahas secara umum adalah tentang "cara berhijab" namun secara khusus Anda akan membahas bagaimana "cara berhijab yang simple". Kemudian Anda menegaskan kembali isi gagasan pada judul tersebut menjadi lebih bermakna dan menarik dengan menambahkan "cara berhijab yang simple gak pakai lama". Hal tersebut akan terkesan informal namun sangat mengena pada penekanan topik atau gagasan yang lebih terperinci.

baca :panjang judul postingan blog yang benar

2. Buatlah kerangka konten yang terpenting

Coba Anda mengingat kembali masa-masa saat Anda sekolah membuat sebuah karangan artikel dengan memulainya dari kerangka karangan. Tentunya akan ada sangkut pautnya dengan salah satu mata pelajaran yang pernah Anda geluti. Nah, ternyata hal tersebut sangat berguna di saat sekarang mengetik sebuah artikel atau menyusun konten yang akan diterbitkan melalui blog. Dan susunan tersebut kita buat beberapa poin-poin penting dan bisa kita buat sebagai sub-sub judul yang memudahkan si pembaca untuk mengerti topik yang dibahas. Dan dari poin tersebutlah ide-ide menarik akan selalu muncul sebagai gagasan konten tanpa terhambat oleh batasan topik.

3. Carilah referensi yang berkaitan

Jutaan bahkan miliar referensi yang ada di internet, jika Anda mau menelusuri dari berbagai macam sumber yang terbaik untuk menunjang isi konten dan yang bagus adalah muncul pada urutan teratas di mesin penelusuran google. Akan tetapi ada baiknya adalah referensi yang berasal dari pengalaman atau pengamatan milik pribadi, maka isi konten akan terlihat lebih natural dan menjadi lebih menarik karena tanpa melakukan plagiarism (jiplak) atau hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh hukum (hoaks, SARA). Namun bila konten Anda membutuhkan referensi yang akurat sebagai bahan dasar acuan data yang bersifat validitas seperti berita, akademis, atau ilmiah hal ini jadi pengecualian dan sangat dibutuhkan kemiripan antara sumber data dengan konten Anda.

4. Gunakan bahasa yang terbaik

Bahasa yang menjadi perangkat penting untuk menyampaikan informasi akan mudah dipahami jika sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Namun ini terkesan formal dan kaku jika digunakan sebagai tata cara untuk menulis konten yang cukup ringan untuk dibahas. Boleh juga menggunakan bahasa sehari-hari tetapi jangan terlalu banyak penggunaan idiom (istilah) dari daerah yang sulit dipahami oleh pembaca dari kalangan tertentu. Maka, gunakan bahasa yang cukup mudah untuk diterjemahkan oleh google translate ke dalam bahasa manapun. Karena sebagian besar penulis blog juga memiliki target pembaca berdasarkan negara, kota, atau daerah yang tepat.

5. Lakukan kunjungan balik

Kunjungan yang dimaksud adalah, Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi berbagai macam situs blog yang sudah terkenal lainnya untuk saling support dengan menulis komentar atau berdiskusi (bertanya & berpendapat). Hal semacam ini sangat berguna agar blog Anda dapat diperkenalkan melalui jejak-jejak yang Anda tinggalkan di situs tersebut. Namun jangan lakukan spam komentar yang tidak diijinkan oleh pemilik situs blog tersebut. Dengan demikian para pemilik blog lainya juga tak merasa sungkan untuk mengunjungi kembali blog milik Anda.

6. Sebarkan melalui media yang lain

Melakukan share konten ke media-media lain bisa sangat menguntungkan untuk menarik pembaca simpatisan dari media tersebut. Trafik (lalu-lintas) kunjungan dari media tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada blog Anda menurut algoritma. Hal ini dikarenakan sistem algoritma pada media tersebut sudah terhubung dengan algoritma google yang notabene sebagai pengumpul berbagai macam informasi dalam bentuk mesin penelusuran, mulai dari akun yang Anda dibuat pada media tersebut juga bermanfaat agar mesin telusur lebih familiar dengan nama blog milik Anda.

7. Mengoptimalkan SEO

SEO (Searh Engine Optimation) juga berperan penting bagi algoritma blog Anda. Kaitannya dengan tampilan blog yang memadai juga program (html, java script, data structured, google speed, dsb) yang sudah fix 100% akan memudahkan algoritma google (robot) untuk meng-crawl (merayapi) atau membaca susunan program blog Anda tanpa mengalami error bahkan pencekalan. Apabila konten sudah baik demikian pula SEO juga memadai, maka secara optimasi trafik Anda akan terus meningkat tanpa kendala.

baca :Mengelola blog menggunakan webmaster tools

8. Memasang iklan dari Google

Iklan yang dimaksud adalah Google Adsene yang kemudian tampil pada beberapa sudut halaman blog Anda. Iklan ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa keseriusan Anda dalam membuat konten blog sudah cukup memadai sesuai syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pihak Google. Selain menambah penghasilan bagi Anda, juga sebagai ciri bahwa blog diterima dengan baik oleh mesin penelusuran dan juga para Advertiser (pengiklan) yang rela berinvestasi untuk blog Anda.

9. Memberi ruang untuk partisipan

Mengisi konten blog tidak harus dari Anda sendiri, dengan memberi peluang para kontributor untuk ikut berpartisipasi juga sangat membantu dalam pembuatan konten. Dari penghasilan Adsense yang Anda dapatkan bisa untuk meng-gaji mereka sesuai kesepakatan bersama. Atau sebagai hadiah agar mereka tetap memberikan kontribusi yang saling menguntungkan.

Dengan seiring berjalannya waktu, kiat-kiat di atas sangat berguna jika dilaksanakan dan mudah-mudahan akan membuat Anda terbiasa dengan konten-konten yang kami buat berdasarkan pengamatan dan pengalaman pribadi agar terus bersemangat tanpa putus asa dalam membuat konten.

Notification !
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Komentar