Panjang Judul Postingan Blog yang Benar

Berapakah panjang judul postingan pada blog yang benar? pertanyaan ini biasanya terlewatkan ketika Anda telah mempublikasikan sebuah postingan dengan judul yang terpotong pada URL (Uniform Resource Locator). Sebagian besar yang awam tentang pembentukan permalink (permanent link) yang terjadi pada kolom url pasti kurang menyadari betapa pentingnya panjang karakter judul pada sebuah postingan.

Coba perhatikan kembali judul-judul yang telah terlanjur terpuliskasi tersebut, maka Anda tersadar bahwasanya sebuah judul postingan blog memiliki standar dan karakter yang telah dibatasi. Ketika judul terlalu panjang maka otomatis akan terpotong sesuai jumlah karakter yang telah ditentukan blogger secara bawaan (default).

Misalnya pada judul "cara memperbaiki hp xiaomi yang mati total (baterai tanam)" maka secara otomatis judul tersebut terpotong karena melebihi jumlah karakter (kata) yang telah ditentukan sehingga menjadi "cara memperbaiki hp xiaomi yang mati total".

Apabila demikian beberapa kata kunci yang menjadi penting terabaikan oleh pencarian Google. Ini kaitannya dengan permalink untuk SERP (Search Engine Result Page). Lalu berapakah jumlah kata pada judul yang baik dan benar?

  • setelah uji coba dengan beberapa jumlah kata yang tampil maksimum bisa berjumlah sekitar 5 hingga 6 kata.
  • setelah uji coba dengan urutan alfabet jumlah huruf yang bisa tampil maksimum 35 hingga 36 huruf.

Bagaimana jika melebihi batas penggunaan? maka beberapa kata akan hilang otomatis dari perhitungan sebagai tautan yang telah ditentukan. Oleh karena itu sebelum mempublikasi postingan Anda harus benar-benar telah memikirkan kata yang tepat sebagai judul yang menggambarkan secara penting isi dari postingan. Kata pada judul tersebut haruslah mampu bersaing dengan judul-judul yang ada pada blog lain. Untuk memahami bagaimana cara kerja dari tautan simaklah ulasan berikut ini.

Tautan Permanen Otomatis

Apa artinya tautan permanen otomatis? tautan yang dimaksud adalah alamat blog (link) yang terbentuk otomatis menyesuaikan judul yang tertera sesuai keinginan Anda. Seperti yang diulas diatas, meskipun permanen tautan ini masih dapat diubah sesuai keinginan namun syaratnya adalah postingan tersebut belum dipublikasi. Namun bila telah terpublikasi maka fungsi otomatis dari tautan ini tak akan berguna dan perubahan judul tidak akan berpengaruh apapun pada link yang terbentuk.

Tautan Permanen Khusus

Tautan permanen khusus adalah bentuk permanen dari judul yang telah terpublikasi dan hanya bisa digunakan sekali saja sebelum Anda menerbitkan postingan tersebut. Keunggulannya adalah jumlah karakter dan huruf yang digunakan pun lebih panjang daripada tautan otomatis. Ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin menggunakan jumlah karakter pada judul yang melebihi dari batas bawaan. Anda dapat menampilkan panjang judul yang berbeda dari link yang terbentuk, tapi ingat !!! gunakan panjang karakter judul sewajarnya saja.

Mangubah Judul Postingan yang Terlanjur Terpublikasi

Yaitu dengan mengembalikan postingan ke dalam draft. Kemudian menggunakan fitur tautan permanen untuk menentukan jumlah karakter judul sesuai keinginan kemudian mempublikasikan kembali postingan tersebut. Namun cara ini sangat beresiko tinggi dan tidak disarankan bagi kesehatan blog. Karena judul yang telah terpublikasi sebelumnya masih tersimpan dan dikenali oleh algoritma Google sebagai postingan lama.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengaruh judul bagi permalink dan fungsi tautan pada postingan. Selamat mencoba dan berkarya, apabila ada pertanyaan selanjutnya dapat disampaikan di kolom komentar.

Notification !
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

Komentar